Apa itu Payment Processor dan Jenisnya

beBisnislah - Apa itu Payment Processor dan Jenisnya. Di pembahasan mengenai Bisnis Online yang beBisnis share kan ke rekan-rekan sebelumnya, selalu ditemuai dua kata ini yaitu Payment Processor. Namun, tahukan rekan-rekan apa itu Payment Processor dan apa saja jenis-jenisnya ? Yah, inilah yang akan segera beBisnis bahas satu persatu.

Dalam menjalani Bisnis Online dikenal sebuah istilah Payment Processor, adalah sebuah perusahaan (sering pihak ketiga) yang ditunjuk oleh seseorang atau pedagang untuk menangani kartu kredit agar bisa bertransaksi. Banyak juga orang mengartikan Payment Processor sebagai alat pembayaran online. Namun kenyataannya Payment Processor tidak hanya digunakan sebagai alat pembayaran, melainkan berfungsi seperti rekening bank pada umumnya atau bisa dibilang Banknya Bisnis Online. Jika rekan-rekan seorang Netpreneur/orang yang sedang menjalani Bisnis Online, Payment Processor merupakan hal yang wajib. Semua penghasilan yang kita dapat akan dikirim ke akun Payment Processor kita.

Simple nya, Payment Processor yaitu sarana untuk menyimpan dan melakukan transaksi uang secara online. Rekan-rekan bisa menyimpan uang di sebuah Payment Processor melalui perantara rekening bank fisik terdekat dan uang yang terkumpul disana bisa ditarik atau untuk melakukan pembayaran secara online. Pada umumnya saldo di akun Payment Processor ditulis dalam nominal dollar ($ USD) atau Euro (€ EUR) sehingga bagi pemilik rekening luar negeri diperlukan exchanger atau money changer online untuk melakukan penarikan maupun penyetoran.
Oke, untuk masalah apa itu Payment Processor, mungkin rekan-rekan sudah mengerti dan paham atas penjelasan di atas. Lalu, lanjut ke Jenis-jenis dari Payment Processor itu sendiri. Kenapa ada jenis-jenisnya ? Yah, inilah yang namanya hidup, banyak pilihannya, persaingannya dan lain-lainnya. Baiklah, dari pada ngelantur sana-sini, inilah beberapa jenis dari Payment Processor dan sesuai urutan gambar di bawah ini  mulai dari yang kiri ke kanan sebagai berikut:

1. Payza (dulunya AlertPay)
Payza merupakan nama baru dari Alertpay dan merupakan Payment Processor terbesar di dunia setelah Paypal, berdiri sejak tahun 2004 di Kanada. Sebagai E-Currency AlertPay terus berkembang dan mendapat tempat di pengguna internet di seluruh dunia. Memiliki pemakai di hampir 190 Negara, 22 jenis mata uang, dan lokal bank di 44 negara (sayangnya di Indonesia masih belum tercover). Selengkapnya tentang Payza.

2. PerfectMoney
Perfect Money mulai populer di terima sejak tahun 2009 dan berkantor di Panama. Selain biaya transaksi kecil ada sedikit kelebihan dibanding ecurrency yg lain, yaitu dana Anda yg tersimpan di Perfect Money akan diberi bunga(4%/tahun). Selengkapnya tentang PerfectMoney.

3. Paypal
Berdiri sejak tahun 2000 dan mulai populer di dunia sejak tahun 2003an. Untuk kredibilitas bisa dibilang No.1 di dunia. Paypal ini juga teregulasi resmi di USA, makanya sudah tidak di ragukan lagi. Selengkapnya tentang PayPal.

4. OKPay
OKPay adalah Perusahaan yang berkembang pesat, pendirinya bekerja tanpa lelah pada proyek ini sejak tahun 2007, selengkapnya tentang OKPay.

5. SolidTrusPay
SolidTrustPay dirancang sehingga siapapun yang memiliki account email dapat mengirim atau menerima dana SolidTrust. Perusahaan diluncurkan pada bulan April 2006 dan telah berkembang untuk melayani jutaan nasabah di seluruh dunia. Selain menyediakan layanan yang luar biasa eWallet, SolidTrust menyediakan merchant kredit rekening langsung pemrosesan kartu yang dirancang untuk pengusaha online. Selengkapnya tentang SolitTrustPay.

6. LibertyReserve
Berpusat di Costa Rica dan mulai populer di Indonesia sejak tahun 2007 an. Sekarang ini Hampir 90% Bisnis Oline yg menerima pembayaran dengan Liberty Reserve. Untuk kredibilitas tidak bisa dikatakan no 1. Selengkapnya tentang LibertyReserve.

7. EgoPay
EgoPay adalah mata uang elektronik (e-currency) menawarkan cara sederhana dan murah untuk membeli barang secara online, membayar jasa dan hiburan. EgoPay terdaftar di Belize bawah nomor registri 118.260, selengkapnya tentang EgoPay.

Selain 7(tujuh) Payment Processor di atas, ada juga BankWire, WesternUnion, Neteller, MoneyBookers, WebMoney dan masih banyak lainnya.

Nah itu dia Payment Processor dan jenisnya. Terimakasih buat rekan-rekan beBisnis yang sudah berkunjung dan membaca postingan mengenai Apa itu PaymentProcessor dan Jenisnya kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan salam sukses buat semuanya.
"90% cara kaya adalah Bisnis, maka beBisnis lah"

3 comments

cuma punay PP n payza.. lr lupa pwd n key nya

Gimana cara verifikasi paypal ya tanpa kartu kredit dan vcc? Bank indonesia apa bisa?

terimakasih untuk penjelasannya kawan! :D

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca Artikel di atas. Demi Kemajuan Blog ini, Silahkan Berikan Komentar baik dalam bentuk Kritikan, Saran atau Pertanyaan tentang Topik yang dibahas.
Yang Penting:
1. BERKOMENTAR LAH DENGAN BAIK DAN SOPAN
2. JANGAN SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
3. JANGAN ASAL COPAS
Buatlah Dengan Gaya Bahasa dan Narasi Anda Sendiri. Tapi Jika Benar-benar Ingin Copas, Jangan Lupa Sertakan Link Sumber,Oke!
4. JANGAN MALU-MALU BERKOMENTAR
5. PATUHI ATURAN DI ATAS